Sunday, March 24, 2013

Sharing Everything From My Experience And Knowlegde

Sharing Everything From My Experience And Knowlegde


Insert/Update/Delete Data from Other Table/Database SQL

Posted: 24 Mar 2013 01:44 AM PDT

Mungkin suatu saat nanti anda akan dihadapkan pada kasus, bagaimana cara insert data/copy data dari suatu table di table/database lain ke table/database local. Ok, saya kasih contoh database MSSqlserver (dua database tersebut masih dalam satu server), contoh :
DatabaseA.dbo.tableA (ID,Name,Address)
DatabaseB.dbo.tableA (ID,Name)
contoh data :
DatabaseA.dbo.tableA
01    djie    bandung
02    soft    ciamis

DatabaseB.dbo.tableA
01    Pandji
02    Batista

01. Jika kita akan memasukan data dari DatabaseA.dbo.tableA ke DatabaseB.dbo.tableA (asumsi

DatabaseB.dbo.tableA masih kosong atau tidak ada data yang sama dengan DatabaseA.dbo.tableA) maka salah satu caranya adalah :

INSERT INTO DatabaseB.dbo.tableA (ID,Name) SELECT (ID,Name) FROM DatabaseA.dbo.tableA

02. Jika kita ingin mengupdate field/column Name di DatabaseB.dbo.tableA dari DatabaseA.dbo.tableA berdasarkan ID,maka sintaknya adalah :
UPDATE DatabaseA.dbo.tableA SET DatabaseA.dbo.tableA.Name=TEST.Name FROM (SELECT * FROM DatabaseB.dbo.tableA) AS TEST WHERE DatabaseA.dbo.tableA.ID = TEST.ID
Hasilnya adalah :
DatabaseA.dbo.tableA
01    Pandji    bandung
02    Batista    ciamis

03. Jika kita ingin menghapus data di DatabaseB.dbo.tableA dimana alamatnya adalah CIAMIS, tapi kan di table DatabaseB.dbo.tableA tidak ada kolom alamat? maksudnya kita cari alamatnya di DatabaseA.dbo.tableA berdasarkan ID, caranya adalah :
DELETE FROM DatabaseB.dbo.tableA WHERE DatabaseB.dbo.tableA.ID IN (SELECT ID FROM DatabaseA.dbo.tableA WHERE ADDRESS ='CIAMIS')
Hasilnya (yang ID=01 / pandji yang terhapus):
DatabaseB.dbo.tableA
02    Batista

Tags:
Cara copy data dari table satu ke table lain, cara import data antar table sqlserver, cara insert data ke dari database lain, contoh contoh sintak sql, cara update data dari table lain, cara delete data dari dua table berbeda sql

No comments:

Post a Comment