Wednesday, March 27, 2013

Sharing Everything From My Experience And Knowlegde

Sharing Everything From My Experience And Knowlegde


Cara Membuat Generate Auto Number/No Urut/No Bukti SQLSERVER

Posted: 26 Mar 2013 07:26 PM PDT

Membuat NoUrut itu tidak harus di coding visual basic, tetapi anda juga dapat menggunakan fasilitas dari SQL Database. Saya berikan contoh Ms.SqlServer, anda sudah pernah dengan AutoIncrement ? itulah istilah di sqlserver jika di Ms.Access itu sama dengan type data AutoNumber. Bagiamana membuat field/column autoincrement di sqlserver? pertama, syaratnya cuma ada satu, type data nya harus SmallInt, Int atau BigInt, kemudian set property identity specification (is identity) = yes, kemudian tentukan Identity Increment = 1 (default) dan satu lagi Identity Seed = 1 (default), contohnya seperti gambar dibawah ini :
Tambahan :
Jika Identity Increment = 1 dan Seed = 1, hasilnya :
1 pandji
2 batista
3 dizi
Jika Identity Increment = 2 dan Seed = 1, hasilnya :
1 pandji
3 batista
5 dizi
Dan seterusnya..

Nah field/column AutoIncrement ini tidak harus diisi secara manual/coding/value karena akan terisi otomatis. Contoh sintak SQL :
INSERT INTO DJIESOFT_TABLE_TEST (NAME) VALUES ('PANDJI')
Jika anda menulis seperti ini :
INSERT INTO DJIESOFT_TABLE_TEST (NOURUT,NAME) VALUES (1,'PANDJI')
Maka itu akan error :
"An explicit value for the identity column in table 'DJIESOFT_TABLE_TEST' can only be specified when a column list is used and IDENTITY_INSERT is ON."

Tags:
cara generate autonumber, cara membuat nobukti bertambah, cara generate nobukti otomatis, cara membuat auto nourut, cara membuat custom nourut vbnet, generate auto increment sqlserver , cara membuat norutu berdasarkan tahun tangal bulan , cara membuat nourut berganti setiap tahun atau bulan, membuat no bukti pertanggal, membuat nourut transaksi vbnet sql, autoincrement di sqlserver, membuat autonumber sqlserver, identity field sqlserver

No comments:

Post a Comment